GELAR BUDAYA

19 Oktober 2016 13:48:22 WIB

“Gelar Budaya” adalah salah satu program kegiatan Desa Patuk dalam upaya mewujudkan dan melestarikan Budaya yang ada di masyarakat yang selaras dengan Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai daerah yang istimewa, kota pelajar dan kota budaya. Di tahun 2016 ini gelar Budaya Desa Patuk memasuki tahun kedua yang di anggarkan dari APBDes. Untuk melaksanakan kegiatan sebagai wadah dan pelaksana kegiatan Gelar Budaya yang melibatkan masyarakat banyak dan program kegiatan yang berkelanjutan maka Kepala Desa Patuk telah menerbitkan Surat Keputusan Kepala Desa Nomor : 17/KPTS/2015 tentang Penetapan Pengurus Gelar Budaya Desa Patuk periode 2015 – 2020.

Kegiatan ini diikuti oleh semua unsur lapisan masyarakat dari 4 padukuhan, padukuhan Patuk, padukuhan Ngandong, padukuhan Gluntung dan Padukuhan Sumbertetes. Gelar Budaya ini diawali dengan kirab budaya dengan memakai pakaian adat jawa atau kostum sesuai tema masing-masing padukuhan, mobil hias serta disertai dengan arak-arakan gunungan, dan macam-macam hasil pertanian, produk olahan maupun hasil kerajinan.

Sebagai puncak acara ditampilkan beberapa kesenian yang ada di masyarakat anatara lain, jathilan, seni tari, sholawat maupun seni pertunjukan drama. Kirab budaya ini juga akan dinilai dan di ambil juara 1,2,3 dan 4 sebagai wujud apresiasi dari Pemerintah Desa Patuk dan sebagai pemicu motivasi partisipasi masyarakat.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Patuk

tampilkan dalam peta lebih besar